Jumat, 11 Januari 2013

TIPS AMAN BERKENDARA DI MUSIM HUJAN


Jangan Jadikn Hujan Sebagai Penghalang Aktivitas Anda Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor




Musim hujan sudah menyapa kita dari ahir tahun 2012 kemaren. Sebagai pengendara sepeda motor hujan menjadi salah satu penhalang ketika akan berkendara. Namun kerena banyaknya aktiviitas, terkadang kita terpaksa harus melewati hujan dengan sepeda motor juga. Nah, agar aman berkendara saat hujan, baca tips berikut ini !

Segera berteduh saat hujan baru turun

Jangan paksakan harus berkendara saat hujan. Karena biasanya hujan yang baru turun menyebabkan jalan licin akibat debu yang tersiram air hujan. Hal ini yang sangat berbahaya bagi penendara sepeda motor. Segeralah menepi ditempat yang  aman. Parkirkan sepeda motor ditempat yang mudah terlihat pengendara lain, serta tidak menghalangi lalu lintas.

Cek kondisi ban

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi ban motor anda. Ban yang sudah haus atau abis tentu sangat berbahaya digunakan saat hujan. Ban menjadi tidak oftimal, dan tidak memiliki daya cengkeram yang baik, sehingga beresiko mudah tergelincir.

Nylakan lampu

Selalu menyalakan lampu saat berkendara, baik siang ataupun malam hari, dan kondisi hujan maupun kering. Hal ini agar pengendara lain dapat memperhatikan kalw ada kendaraan yang melintas.

Gunakan jas hujan yang aman

Jika harus terpaksa menembus hujan yang turun berkendara dengan sepeda motor, maka gunakanlah jas hujan untuk melindungi tubuh kamu. Pilih jas hujan yang berbentuk baju dan celana, agar mudah mengontrol sepeda motor saat berkendara. Hindari  menggunakan jas hujan yang berbentuk jubah, karna lebih beresiko nyangkut ke ban saat melaju dengan kendaraan sepeda motor mu.

 Jangan melaju kencang

Jangan sekali-kali melaju kencang saat hujan. Aspal basah memiliki permukaan yang sangat licin. Hal ini untuk mengurangi resiko terpelincir saat menikung atau melakukan pengereman.
honda

Perhatikan cara pengereman

Utuk motor yang belum dilengkapi dengan combi Brake System, gunakan rem depan dan belakan secara bersamaan. Jangan sekali-kali mengerem depan atau belakang saja, karana apabila kesalahan tehnik pengereman maka keseimbangan tidak setabil (epek licin karena pengaruh hujan) akan menyebabkan ban tergelincir / terkunci sehingga menyebabkan kecelakaan.
 
Nah itulah Tips yang bisa saya bagi ”semoga bermanfaat bagi anda
Utamakan keselamatan saat berkendara :
By Safety Riding Indonesia